You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Pekon Keputran
Pekon Keputran

Kec. Sukoharjo, Kab. Pringsewu, Provinsi Lampung

Selamat Datang di Website Sistem Informasi Pekon Keputran Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu | Kantor Pekon Keputran membuka pelayanan publik pada hari Senin - Jumat pukul 08.00 - 15:00 WIB. Pekon Keputran Terdapat 4 RW Dan 8 RT Ketua RT 001 adalah Bpk. Yudi Atmoko Ketua RT 002 adalah Bpk. Nasikin Ketua RT 003 adalah Bpk. Rizkiman Ketua RT 004 adalah Bpk. Tumijo Ketua RT 005 adalah Bpk. Arif Widayat Ketua RT 006 adalah Bpk. Edi Mulyadi Ketua RT 007 adalah Bpk. Sukisruh Ketua RT 008 adalah Bpk. Suryadi -- selengkapnya...

Dusun 2 RT 3 Pekon Keputran Gotong Royong Dirikan Pos Ronda

Administrator 04 September 2022 Dibaca 64 Kali
Dusun 2 RT 3 Pekon Keputran Gotong Royong Dirikan Pos Ronda

Ronda atau patroli di sekitar lingkungan tempat tinggal merupakan bagian dari kegiatan Sistem Keamanan Lingkungan (siskamling). Siskamling adalah suatu kesatuan yang meliputi komponen-komponen yang saling bergantung dan berhubungan serta saling mempengaruhi, yang menghasilkan daya kemampuan untuk digunakan sebagai salah satu upaya untuk memenuhi tuntutan kebutuhan akan kondisi keamanan dan ketertiban di lingkungan. Hal inilah yang menjadi tujuan dari pembuatan Pos Ronda yang dilakukan dengan gotong royong oleh warga Dusun 2 RT 3 Pekon Keputran Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu.

Tujuan dari pembangunan Pos Ronda adalah :

  • Menciptakan situasi dan kondisi yang aman, tertib, dan tentram di lingkungan masing- masin
  • Terwujudnya kesadaran warga masyarakat di lingkungannya dalam penanggulangan terhadap setiap kemungkinan timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (“kamtibmas”).

Siskamling adalah dibentuk berdasarkan kesepakatan dalam musyawarah warga, dengan berasaskan semangat budaya kekeluargaan, gotong royong, dan swakarsa. Adapun fungsi dari siskamling adalah :

  • Sarana warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan rasa aman di lingkungannya menanggulangi ancaman dan gangguan di lingkungannya.
  • Merupakan upaya-upaya penanggulangan terhadap fenomena dan situasi yang dapat dikategorikan dengan cara mencermati setiap gejala awal dan menemukan simpul penyebabnya yang bersifat laten potensial pada sumbernya
  • Merupakan segala usaha guna mencegah/mengatasi secara terbatas timbulnya ancaman/gangguan keamanan dan ketertiban khususnya di lingkungan masing-masing melalui kegiatan-kegiatan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli atau perondaan, serta kegiatan lain yang disesuaikan dengan kebutuhan sehingga tercipta suatu lingkungan yang aman, tertib, dan teratur.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image